Laman

Minggu, 19 Oktober 2014

THE CIRCLE OF LOVE - (PUSAT YANG TAK TERLIHAT~ Ukiran Dalam Hati)


Ada rahmat khusus yang diberikan bagi mereka yang mencari Dia. Memandang ke arahnNya, bahkan dalam kegelapan kebingungan dan keporak-porandaa kita, kita telah menarik cahayaNya. Cahaya ini adalah daya penyembuh yang menata kembali diri kita sesuai dengan ukiran Dia yang dibawa dalam diri. Ukiran ini distempelkan dalam hati kita dan diaktifkan oleh energi tarikat,
yaitu energi dan daya cinta. Semakin kita memandang ke arahNya, semakin terbuka kita pada Kekasih, semakin menyala ukiran ini dalam cahaya cintaNya. Seorang asufi dari abad ke sebelas, Ansari dari Heart, menjelaskan bagaimana ukiran persahabatan denganNya ini menjadi penerang kesadaran ilahiyah kita: Cara menemukan persahabatan Adalah dengan membuang dunia ini dan akhirat ke lautan Tanda realisasi dari persahabatan Adalah dengan tidak mengurusi apa pun yang bukan Tuhan.

Permulaan dalam persahabatan adalah dengan memiliki ukiran; Akhirnya adalah dengan memiliki penerang. Persahabatan dengan Dia yang kita cintai, adalah rahasia tersembunyi dalam hati. Rahasia ini adalah wajah mistis yang tersembunyi, seseorang yang dimiliki Tuhan sebelum ia dilahirkan. Tugas dari tarikat adalah untuk membersihkan dan mensucikan ruang batin dimana rahasia, sirr, dapat dilahirkan ke dalam kesadaran. Kita harus melahirkan suatu kualitas kesadaran yang dapat menahan kecemerlangan cahayaNya kesadaran yang cukup murini untuk menyaksikan cintaNya. Menurut sufi, sirr itu adalah milik bagian hati yang tersembunyi, dan di sinilah pengalaman-pengalaman mistis yang nyata terjadi, saat pecinta menjadi tahu sifat dari persahabatannya dengan Kekasihnya.

Walau demikian, tempat pertemuan ini begitu rahasia sehingga kesadaran sehari-hari salik tidak memiliki jalan masuk kemari. Kesadaran yang menyaksikan kehadiranNya adalah kesadaran Diri yang terletak lebih tinggi dari kesadaran sehari-hari. Ego tidak ikut serta dalam misteri cahaya di atas cahaya ini yang bertempat dalam hati kita sendiri.

Jadi, sementara kerja batin dengan ketidaksadaran memperluas rasa diri kita dan memperdalam kesadaran, proses mistikal yang sebenarnya seringkali seperti tidak menyertakan kita, tak menyadari apa yang sebenarnya terjadi dalam hati. Kadang-kadang, dalam momen ekstasi dan kekalutan, kita terhubung pada kesadaran lebih tinggi kita dan diijinkan untuk memandang sekilas keindahan yang terjadi dalam diri, tapi harihari dapat saja lewat dengan perasaan kosong, bahkan dingin, saat hubungan cinta hati yang sebenarnya terjadi di tempat lainnya. Lebih lanjut, pertemuan antara pecinta dan Kekasih sebenarnya merupakan proses pencerapan, saat substansi batin dari pecinta melarut dalam lautan tak berbatas. Melalui kerja batin, kita menemukan diri kita sendiri,menemukan sifat kita sebenarnya. Sekarang, kita mulai kehilangan diri sendiri.


The Golden Sufi Center
THE CIRCLE OF LOVE
/

Akan tiba saatnya ketika lidah akan bergabung dengan hati,
hati bergabung dengan jiwa, jiwa dengan rahasia (sirr),
dan rahasia bergabung dengan al-hHaqq.
Hati akan berkata pada lidah, “Diamlah!”.
Rahasia akan berkata pada jiwa, “diamlah!”
Dan cahaya batin akan berkata pada rahasia, “diamlah.”
(Al-Anshari)
/
CIRCLE OF LOVE VII
PUSAT YANG TAK TERLIHAT
UKIRAN DALAM HATI

Tidak ada komentar: